Rabu, 01 April 2009

LEADER SHIT!

Pengalaman bekerja di beberapa perusahaan, memperkaya pengalaman saya akan arti leadership. Ternyata, meski dari berbeda atmosfer (jurnalistik, entertaint dan edukasi), toh saya (mungkin anda juga) akan menemukan tipikal yang sama: good shepherd dan leadershit!. Berdasarkan pengalaman saya, sangat mudah membedakan antara ketua genk domba dan kambing ini:

01. Rebellious. Hampir semua pemimpin yang baik yang saya temui adalah tipikal 'pemberontak'. Orang yang berani bicara jujur dan bukan tipe yang Yes Man ato ABS. Mereka orang2 yang berani merombak sistem, berani bersinggungan dengan orang2 yang 'pro status quo'. Pemikiran mereka benar-benar pintar, 'out of the box' dan tidak sekadar (meminjam istilah seorang teman) pintar menjilat pantat big bos. Hati2, orang2 yang sukses sampai di top level dengan cara 'jilat-menjilat' ini, tak segan mencuri gagasan orang lain atau bahkan berani membawa-bawa nama Tuhan. Sayangnya, banyak big-bos yang memang senang dikibulin mereka daripada harus panas hati/kuping mendengar kebenaran.

02. Inspirasi. Leadership yang baik umumnya mampu memberi inspirasi bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Tolak ukurnya gampang. Liat anak buahnya, apakah banyak yang keluar masuk lantaran bete punya atasan yang cuma mampu neken anak buahnya lewat jabatan yang dia punya. Sebaliknya, kalau timnya terlihat tangguh, artinya sang pemimpin sanggup memberi spirit yang menghidupkan. Kalau bertahan lama, anak buah leadershit cuma akan menjadi kambing yang miskin inovasi, bekerja tanpa motivasi dan ikut-ikutan suka melempar tanggung jawab seperti atasannya.

03. Bridge Over Trouble Water. Ini bukan judul lagu. Tapi pemimpin yang baik akan terlihat sebagai pribadi yang menyenangkan. Bukan ditakuti. Ingat, sekali lagi bukan ditakuti. Pemimpin yang baik mampu menjadi konektor dari tiap-tiap orang sehingga seluruh anak buahnya memiliki hasrat yang sama, tujuan yang sama. Jadi pemimpin yang baik tidak akan menjadi 'mandor pabrik' yang butuh supervisi dengan punish, cctv atau fingerprint lantaran anakbuah mereka rela berjuang, rela fight sampai mati untuk memperjuangkan visi yang sama. Jadi, kalo Anda memimpin dan justru memiliki banyak musuh, mungkin anda harus berkaca. Jangan-jangan anda lebih suka bermain dalam political office. Kalau Anda merasa paling benar di perusahaan Anda, (ini hanya mengutip kata Tuhan), bersiap-siaplah menuai apa yang Anda tabur...

Inspirasi good shepherd jelas: Yesus sendiri. Kepemimpinannya kerap bersinggungan dengan status quo karena menyuarakan kebenaran. Ia menjadi inspirasi bagi muridnya, dan bahkan hingga saat ini lewat ajarannya yang sangat-sangat purple cow (Sorry, Sith Godin mah lewat...) Dan ia mampu membuat kita semua memiliki hasrat dan tujuan yang sama: Kerajaan Allah.

Mungkin kita semua tahu, kunci dari kepemimpinan Yesus. Melayani. Habit ke-8 dari 7 habits adalah to give, to serve. Pemimpin yang baik lebih suka mengungkapkan, “help me to help you”. Bukan pemimpin yang berprinsip “siapa yang saya makan sekarang”. Dasar leadershit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar